Saturday 14 April 2018

FIFA berusaha untuk membebankan biaya hosting untuk Club World Cup yang dirubah

    FIFA ingin membebankan biaya hosting untuk pementasan turnamen 24-tim Piala Dunia Klub senilai setidaknya $ 3 miliar masing-masing dan direncanakan untuk memulai pada 2021. Dalam dokumen briefing yang dilihat oleh The Associated Press, FIFA mengatakan pasar tuan rumah "harus memiliki kecenderungan untuk membayar biaya hosting" - model bisnis yang mirip dengan balap mobil Formula Satu. FIFA memiliki tawaran $ 25 miliar dari konsorsium termasuk kepentingan Cina, Arab Saudi dan Amerika untuk membantu mengatur dan memasarkan Piala Dunia Klub yang dirubah dan liga global baru untuk tim nasional selama 12 tahun sampai 2033. Rincian pertama kali dilaporkan minggu ini oleh The New York Times.

    Namun, proyek ini menghadapi oposisi kuat dari para pemimpin sepakbola di Eropa yang melihat ancaman terhadap Liga Champions mereka yang sangat populer. Setiap edisi Piala Dunia Klub yang diusulkan setiap empat tahun akan menjamin pemasukan sebesar $ 3 miliar. Bahkan dokumen pengarahan FIFA sendiri menunjukkan hanya $ 650 juta hingga $ 1 miliar akan "diperlukan untuk menjadikannya proyek yang sukses."

Piala Dunia Klub 2017 dimainkan di Uni Emirat Arab - menampilkan enam juara kontinental dan juara negara tuan rumah - memperoleh hanya $ 37 juta untuk FIFA di slot tahunannya di bulan Desember. Tuan rumah yang cocok dari turnamen yang lebih besar pada bulan Juni atau Juli akan memberikan "investasi keuangan yang diperlukan untuk memungkinkan FIFA untuk memberikan insentif keuangan yang diperlukan," dokumen 22 halaman menyatakan. 24 klub akan berbagi 75 persen dari pendapatan, kata dokumen itu - atau berpotensi lebih dari $ 2 miliar. Piala Dunia Klub akan dimainkan pada bulan Juni atau Juli setiap empat tahun dan termasuk 12 tim Eropa,
termasuk finalis Liga Champions dan pemenang Liga Eropa dari empat musim sebelumnya. Jika klub memenuhi syarat beberapa kali, entri kemudian akan dialokasikan sesuai dengan sistem peringkat UEFA, biasanya dipimpin oleh klub bertingkat dan sukses. Klub-klub Amerika Selatan akan memiliki empat tempat yang dijamin untuk para pemenang Copa Libertadores. Dua tempat masing-masing akan pergi ke klub dari Afrika, Asia dan wilayah Amerika Utara, satu dari negara tuan rumah dan tempat terakhir dalam playoff yang melibatkan klub-klub dari Amerika Selatan dan Oceania, kata makalah briefing.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan dia meragukan usulan Piala Dunia Klub akan dimulai pada 2021, dan pemimpin klub Eropa Andrea Agnelli, presiden Juventus, mengatakan bulan lalu tidak ada kompetisi baru yang harus ditambahkan sebelum 2024. Dokumen briefing menyatakan FIFA bisa membuat keputusan akhir pada Piala Dunia Klub pada pertemuan di Moskow pada 10 Juni. Dewan FIFA diketuai oleh Presiden Gianni Infantino.
Infantino ditolak oleh kolega dewan bulan lalu ketika ia mendesak agar penawaran senilai $ 25 miliar sebelum batas waktu 60 hari berakhir pada bulan Mei. Dia tidak mengidentifikasi para investor, mengutip perjanjian non-disclosure.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support